Earnings management merupakan topik akuntansi manajemen yang banyak diperdebatkan berkaitan dengan isu etika yang melingkupinya. Isu etis dalam earnings management dapat dipengaruhi oleh faktor pendidikan dan faktor psikologi. Penelitian ini berupaya menyajikan penjelasan mengenai peran pendidikan etika bisnis beserta love of money dalam mempengaruhi persepsi keberterimaan etis atas perilaku earning management. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik eksperimental untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan persepsi keberterimaan etis terhadap praktik earnings management berdasarkan variabel pendidikan etika bisnis dan love of money. Hasil yang diperoleh berdasarkan pengujian analysis of variance menunjukkan terdapat perbedaan antara individu yang memperoleh pendidikan etika bisnis mempunyai persepsi etis terhadap praktik earnings management yang lebih tinggi dibandingkan dengan partisipan yang tidak mendapatkan pendidikan etika bisnis. Sementara individu dengan tingkat love of money yang rendah cenderung memiliki persepsi etis yang lebih tinggi dalam memandang praktik earnings management jika dibandingan dengan partisipan yang tingkat love of money rendah.Kata Kunci: Pendidikan Etika Bisnis, Love of Money, Persepsi Keberterimaan Etis, Earnings Management
Copyrights © 2021