Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Vol 4, No 3 (2021)

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel

Abdul Latif (Riau University)
Elfis Suanto (Unknown)
Titi Solfitri (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengemabngkan perangkat pembelajaran untuk materi SPLDV. Perangkat pembelajaran yang dimaksud adalah silabus, RPP dan lembar kerja peserta didik (LKPD) menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS). Perangkat pembelajaran dikembangkan menggunakan model 4-D. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi perangkat pembelajaran dan angket respon peserta didik. Perangkat pembelajaran divalidasi oleh tiga orang validator. Uji coba terbatas dilakukan terhadap 8 orang peserta didik kelas VIII MTs Nurul Mukhsinin Rupat Kabupaten Bengkalis. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran matematika ini dikategorikan valid dan praktisPenelitian ini terbatas pada uji kevalidan dan kepraktisan produk, oleh sebab itu perlu pengujian lebih lanjut untuk melihat keefektivan penggunaan perangkat pembelajaran model kooperatif tipe TPS ini.  

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

juring

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Juring: Journal for Research in Mathematics Learning (pISSN 2621-7430 | eISSN 2621-7422) is a peer-reviewed publication with free access. The journal aims to publish original manuscripts on research and review from mathematics learning area. The main objective of the journal is to promote the ...