Tujuan penelitian ini adalah Menganalisis pola saluran pemasaran salak pondoh, Margin Pemasaran, Farmer’s Share, Efisiensi pemasaran, faktor – faktor yang mempengaruhi efisiensi pemasaran dan menganalisis perbedaan antara efisiensi pemasaran dengan standar efisiensi. Pemilihan lokasi penelitian ditentukan secara sengaja (purposive sampling). Pengambilan sampel responden menggunakan metode simple random sampling dan Penentuan responden penelitian menggunakan metode slovin dengan jumlah responden petani sebesar 93 sedangkan responden pedagang ditentukan dengan snowball sampling didasarkan pada informasi dari responden sebelumnya sebesar 33. Analisis efisiensi pemasaran dianalisis menggunakan Metode deskriptif untuk mengetahui pola saluran di daerah tersebut dan metode kuantitatif untuk analisis Margin pemasaran, analisis farmer’s share, analisis efisiensi, regresi linier berganda dan analisis Uji beda One Sample T-test Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat 4 pola saluran pemasaran di desa girikerto, nilai Margin pemasaran pada tiap pola I, III, III dan IV masing masing sebesar masing Rp 0/Kg , Rp 3.630 /Kg, Rp 5.984 /Kg dan Rp 5.932/Kg dan nilai Farmer’s share pada pola I, II, III, IV masing – masing sebesar 100%, 63%, 39% dan 42%, Efisiensi Pemasaran berdasarkan persentase Margin total pada pola I sebesar 0% termasuk kategori efisien dan pola II, III dan IV masing – masing sebesar 38%, 62% dan 59% termasuk kategori kurang efisien. Hasil analisis regresi linear berganda disimpulkan bahwa variabel bebas yaitu harga jual petani, harga beli konsumen dan biaya pemasaran merupakan faktor yang mempengaruhi efisiensi pemsaran dan efisiensi pemasaran terdapat perbedaan dengan standar efisiensi pemasaran.
Copyrights © 2021