FENOMENA
Vol 30 No 1 (2021): Juni 2021

Hubungan dampak cognitive dissonance dengan perilaku cyberbullying pada dewasa awal

Sophianingtyas, Amalia Nur (Unknown)
Ekayati, IGAA Novie (Unknown)
Rina, Amherstia Pasca (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dampak cognitive dissonance dengan perilaku cyberbullying pada dewasa awal. Metode.yang.digunakan oleh peneliti.adalah.jenis.penelitian.kuantitatif, secara spesifik menggunakan teknik penelitian korelasional dengan analisis product moment dari Karl Pearson. Total subjek penelitian ini adalah 120 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria berdomisili di Sidoarjo, berjenis kelamin laki-laki dan perempuan, berusia 19 tahun sampai dengan 40 tahun, dan memiliki media sosial instagram. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini skala dampak cognitive dissonance dari teori (Festinger, 1957) dan skala perilaku cyberbullying menggunakan teori dari (Willard 2007). Uji hipotesis dengan teknik korelasi product moment pearson diperoleh p = 0,434 sig. 0,000 (< 0,01). Artinya terdapat hubungan positif antara dampak cognitive dissonance dengan perilaku cyberbullying. Semakin tinggi dampak cognitive dissonance maka semakin tinggi perilaku cyberbullying pada dewasa awal.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

fenomena

Publisher

Subject

Other

Description

Fenomena is a journal published by Faculty of Psychology University of 17 August 1945 Surabaya. This journal is published twice a year in June and December. Fenomena aims to be a means of communication and exchange of scientific work for college student, lecturers and researchers to publish research ...