Klasifikasi sentimen merupakan pengelompokan suatu pendapat yang telah ditentukan berdasarkan masing masing kategori. Klasifikasi sentimen bisa dijadikan sebuah cara untuk proses menentukan sesuatu dalam sebuah topik permasalahan. Fungsi dari klasifikasi sentimen adalah untuk mencari tahu polaritas dari sentimen positif, dan negatif. Data klasifikasi sentimen bisa diperoleh melalui beberapa komentar pada media sosial serta pada ulasan Google, salah satunya yaitu data komentar yang ada pada Google Maps. Kemudian data yang sudah diperoleh akan diberi label secara manual dan diolah menggunakan metode preprocessing dengan tujuan untuk mempermudah proses klasifikasi sentimen. Data selanjutnya akan dilakukan klasifikasi sentimen menggunakan metode Naive bayes untuk mengetahui sentimen yang dihasilkan.Uji coba dilakukan sebanyak 4 kali dengan data latih 20, 70, 140, 540 dan data uji 60. Hasil pertama menunjukan akurasi sebanyak 65%, kedua 82%, ketiga 85%, dan keempat 88% 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021