Pengendalian kualitas merupakan faktor utama dalam menghasilkan produk yang berkualitas. CV. XYZ adalah perusahaan yang bergerak dibidang pengemasan minyak goreng.Untuk mewujudkan itu perusahaan harus melakukan perbaikan secara terus menerus untuk tercapai kepuasan pelanggan. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan diketahui adanya defect pada proses pengemasan. untuk meningkatkan kualitas produk perlu dilakukan analisa perbaikan kualitas produk, sehingga dapat dilakukan perbaikan kualitas produk untuk meningkatkan kepuasan konsumen terhadap kualitas produk. Dalam penelitian ini digunakan metode Root Cause Analysis (RCA) untuk mengetahui akar penyabab defect. Dari hasil RCA didapat 4 faktor peyebab defect tutup botol tidak rapat. Setelah didapatkan akar penyebab defect tutup botol tidak rapat dilakukan analysis menggunakan Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) didapatkan risk priority number didaptakan rekomendasi perbaikan yaitu pemahaman tentang pemasangan tutup botol, inspeksi pada setiap proses, pengecekan setiap material, penambahan pendigin AC di ruang pengisian.Â
Copyrights © 2021