Journal of Communication Sciences (JCoS)
Vol 3, No 2 (2021): April 2021

Penggambaran Nilai-nilai Budaya Pada Balla Lompoa Kab. Gowa (Semiotik Komunikasi)

Yusran Yusran (Universitas Islam Makassar)
Megawaty AP (Universitas Islam Makassar)



Article Info

Publish Date
23 Oct 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu makna filosofi  yang terdapat pada simbol-simbol rumah adat Balla’ Lompoa sebagai Analisis Semiotik komunikasi, dan untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat menyebabkan pudarnya nilai-nilai budaya yang terdapat pada rumah adat  Balla’ Lompoa. Metode pengumpulan data adalah  teknik atau cara-cara yang dapat digunakan periset untuk data Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah sebagai berikut: Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rumah adat Balla Lompoa merupakan simbol komunikasi yang dibuat sedemikian rupa baik dalam bentuk bangunan atau arsitekturnya dibuat dengan penuh kesadaran dan tingkat pemikiran yang tinggi, tidak begitu saja karena sesuai dengan ciri manusia adalah makhluk berpikir, selain itu kegunaan nya adalah dapat mengetahui tingkat golongan masyarakat dalam sebuah kerajaan yang biasa disebut dengan kasta. Hal ini diketahui dari jumlah Sambunglayang pada Ulu Balla yang berbeda dengan rumah masyarakat pada umumnya dan adapun Pammakkang yang terletak pada ujung atap merupakan simbol peperangan, sebagai tempat  persembunyian  dan    mengintai musuh  ke  berbagai  arah. Di samping itu, nilai budaya yang terdapat pada Balla Lompoa adalah nilai patriotisme, nilai kejujuran serta nilai harmonisasi dan kerjasama kerajaan Gowa dengan Raja-raja nusantara pada saat itu. Masyarakat dan pemuda yang mengerti akan nilai-nilai tersebut masih dijaga hingga hari ini.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JCoS

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Journal of Communication Sciences (JCoS) is an academic journal concerned with the study of mass media studies, new media studies, film studies, interpersonal communication studies, group communication studies, organization communication studies, political communication studies, public relations ...