Journal of Communication Sciences (JCoS)
Vol 3, No 2 (2021): April 2021

Pengaruh Iklan Kampanye di Televisi Terhadap Pilihan Politik Warga Kota Makassar Pada Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019

Herman Pelani (Universitas Islam Makassar)
Sabaruddin Adjie (Politeknik Negeri Pertanian Pangkep)



Article Info

Publish Date
23 Oct 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, mempelajari, memahami apakah iklan kampanye di televisi berpengaruh terhadap pilihan politik warga Kota Makassar pada Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019. Dan untuk mengetahui faktor yang berpengaruh dalam iklan kampanye di televisi terhadap pilihan politik warga Kota Makasar pada Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Tujuan penelitian kualitatif adalah menggambarkan atau menjelaskan suatu masalah yang hasilnya dapat digeneralisasikan. Dengan cara mengumpulan data menggunaka angket atau kuesioner online dengan google forms. Hasil penelitian menunjukan iklan kampanye di televisi mempengaruhi pilihan politik warga Kota Makassar sebagaimana hasil regresi yang didapat nilai korelasi/hubungan (R) yaitu sebesar 0,806. Dari output tersebut diperoleh koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,649, yang megandung pengertian bahwa pengaruh variabel bebas (iklan kampanye) terhadap variabel terikat (pilihan politik) adalah sebesar 64,9%. Dengan demikian porsi pengaruh iklan kampanye terhadap pilihan politik cukup besar, lebih dari 50%, ini mengindikasikan bahwa iklan kampanye merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi pilihan politik seseorang atau warga masyarakat. 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JCoS

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Journal of Communication Sciences (JCoS) is an academic journal concerned with the study of mass media studies, new media studies, film studies, interpersonal communication studies, group communication studies, organization communication studies, political communication studies, public relations ...