Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Vol. 1 No. 5: Oktober 2021

OPTIMALISASI DIGITAL MARKETING DENGAN SOSIAL MEDIA FACEBOOK DI KECAMATAN PUCANG SAWIT UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK DAN MEMPERLUAS PASAR UMKM SECARA ONLINE

Ismail Setiawan (Universitas ‘Aisyiyah Surakarta)
Sigit Setiyanto (Universitas ‘Aisyiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2021

Abstract

Warga kelurahan pucang sawit berdasarkan data e-sik.surakarta.go.id yang memiliki pekerjaan utama sebagai pedagang atau wiraswasta terbanyak ada di RT01 dan RT 06. setelah dilakukan wawancara ternyata mereka melakukan perdagangan konvensional atau tidak dan belum memanfaatkan internet sebagai media pemasaran. Kegiatan pengabdian ini mencoba memberikan peningkatan kemampuan warga yang melakukan kegiatan perdagangan untuk memarkan produk dan jasa mereka lewat internet. Facebook sebagai media social yang paling banyak penggunannya di Indonesia digunakan sebagai salah satu alat promosi online. Berdasarkan hasil pengamatan terhadap peserta peningkatan kemampuan promosi online dapat di nilai 100% dari mereka berhasil mengikuti langkah-langkah dalam pemasaran online. Merea berhasil memasarkan produk mereka dengan facebook advertising.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

J-ABDI

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health Social Sciences Other

Description

J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, with registered number ISSN: 2797-9210 (Print), ISSN: 2798-2912 (Online) is a scientific multidisciplinary journal published by bajang Institute. It is in the national level that covers a lot of common problems or issues related to community services. ...