Makalah ini bertujuan untuk mengkaji berbagai konsep terkait pengembangan definisi dan dimensi manajemen hubungan nasabah, serta mencoba mengembangkan model manajemen hubungan nasabah yang komprehensif, khususnya di PT. Bank X. Permasalahan yang akan diangkat dalam makalah ini adalah bagaimana mengembangkan konsep, definisi dan dimensi manajemen hubungan nasabah dan kedua, bagaimana mengembangkan model enterprise resource planning yang dapat diterapkan pada PT. Bank X. Pendekatan yang digunakan dalam menulis makalah ini adalah pendekatan kualitatif, yaitu metode penelitian yang digunakan untuk memeriksa objek ilmiah. Implikasi akademis dalam makalah ini adalah bahwa ada pemahaman teoritis tentang penyebab keberhasilan dan kegagalan perusahaan dalam menerapkan Aplikasi Sistem Enterprise Resource Planning (ERP) .Sementara itu, implikasi praktis untuk jurnal ini diharapkan dapat menjadi pertimbangan bagi para pelaku usaha, khususnya di industri jasa perbankan dalam mengimplementasikan Sistem ERP. Fokus konseptual yang dikembangkan dalam makalah ini adalah untuk meneliti dimensi manajemen hubungan nasabah sehingga model yang menggambarkan manajemen hubungan nasabah di sektor perbankan dapat dikembangkan. Kontribusi asli untuk penulisan jurnal ini dapat memberikan perspektif baru pada ERP yang lebih proaktif.
Copyrights © 2021