Jurnal GeoEkonomi
Vol. 12 No. 2 (2021)

PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL MEREK TOYOTA DI KOTA BALIKPAPAN

Sukimin Sukimin (Universitas Balikpapan)
Nina Indriastuty (Universitas Balikpapan)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2021

Abstract

Karakteristik konsumen otomotif Indonesia yang cenderung sangat konsumtif merupakan salah satu alasan produsen otomotif dunia menyerbu pasar Indonesia. Selain itu, perkembangan otomotif yang berkembang pesat selama beberapa tahun terakhir ini membuat persaingan antara produk-produk kendaraan bermotor, baik dalam bentuk, jenis dan merek beraneka ragam menyebabkan produsen berusaha untuk mengembangkan produk yang lebih cocok sesuai dengan kebutuhan dan permintaan pasar Indonesia. Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini adalah ingin mengetahui pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Mobil Merek Toyota di Kota Balikpapan. Sampel penelitian ini sebanyak 242 responden dengan menggunakan rumus dari Isaac dan Michael, merupakan pembeli mobil merek Toyota. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dan diolah menggunakan SPSS versi 25.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terbukti Kualitas Produk, Harga dan Promosi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Mobil Merek Toyota di Kota Balikpapan. Promosi mempunyai pengaruh yang dominan terhadap Keputusan Pembelian Mobil Merek Toyota di Kota Balikpapan. Disarankan agar pihak manajemen Toyota dapat meningkatkan pelayanan pada fasilitas yang disediakan untuk konsumen Toyota saat melakukan service mobil atau pada saat melakukan kunjungan ke showroom dealer Toyota di Kota Balikpapan dengan kata lain produsen harus meningkatkan pelayanan kepada konsumen saat sebelum dan sesudah mereka membeli mobil merek Toyota.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

geoekonomi

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal GeoEkonomi, terbitan ini berisi artikel ilmiah bidang Ekonomi yang diterbitkan secara berkala 6 bulanan (dua kali dalam satu tahun pada bulan Maret dan September). Terbit versi cetak kali pertama pada Bulan Maret 2010 (ISSN Print: ...