GUNA WIDYA: JURNAL PENDIDIKAN HINDU
Vol 8, No 2 (2021)

NILAI – NILAI DAN KONSEP PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PENDIDIKAN AGAMA HINDU MENURUT CANAKYA NITI SASTRA

sari, ketut puspita (iNSTITUT HINDU DHARMA NEGERI DENPASAR)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2021

Abstract

Pendidikan agama dapat menggerakan serta mempraktikan ajaran – ajaran agama hindu sehingga membentuk nilai moral dan etika yang mulia dalam kitab suci , pada bagian Canakya Niti Sastra meyatakan pendidikan multikultural terkait dengan hubungan antar sesama manusia ( Tri Hita Karana) . Di dalam kitab Canakya Nitisastra ini  sepenuhnya memuat atau mengajarkan nilai-nilai pendidikan multikultural dalam pendidikan Agama Hindu dengan wujud kebudayaan dan unsur kebudayaan . di dalam Kitab Suci Canakya Nitisastra ini mengajarkan kebahagiaan, pengendalian nafsu, amarah, lobha, kebijaksanaan, tidak iri hati, mengendalikan pikiran , menjalankan darma , kedamaian dan  lainnya yang menuntun pada jalan kebenaran, keharmonisan . Pesatnya perkembangan teknologi digital dan ilmu pengetahuan dewasa ini telah mempengaruhi karakter , nilai moral pada anak –anak yang sejatinya dihadapkan pada tantangan yang berat . Mengajar anak –anak harus diarahkan untuk memperkuat dan menyelaraskan moral mereka . Pendidikan Hindu dapat menjadi agen normative yang membangun setiap karakter Indonesia modern melalui kearifan lokal yang dimilikinya yang mengartikan mereka sebagai memotivasi anak – anak

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

GW

Publisher

Subject

Religion Other

Description

Jurnal Guna Widya adalah Jurnal Pendidikan Hindu yang dikelola oleh Jurusan Pendidikan Agama Fakultas Dharma Acarya. Guna Widya memuat hasil penelitian maupun hasil pemikiran akademisi dan praktisi pendidikan Agama Hindu. Jurnal Guna Widya memberikan ruang gerak terhadap penulis yang ingin ...