ABSTRAKPraktik pedagogik filsafat ilmu merupakan implikasi pembelajaran berbagai bidang ilmuyang terlaksana pada semua strata pendidikan di Indonesia, dimana tujuan utamanyaadalah untuk meningkatkan kwalitas sumber daya manausia dalam kaitanya sebagaikholofah bumi yang memelihara dan mengelola bumi itu sendiri untuk kwalitas terbaiksecara terus menerus, lihat Mustansyir (2003). Kompetensi pedagogik yaitu kemampuanyang harus dimiliki guru berkenan dengan karakteristik peserta didik dilihat dari berbagaiaspek seperti moral, emosional dan intelektual. Hal tersebut berimplikasi bahwa seorangguru harus mampu menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip belajar, karena siswamemiliki karakter, sifat, dan minat yang berbeda. Berkenaan dengan pelaksanaankurikulum, seorang guru harus mampu mengembangkan kurikulum tingkat satuanpedidikan masing-masing dan disesuaikan dengan kebutuhan lokal. Guru harus mampumengoptimalkan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan kemampuannya di kelas,dan harus mampu melakukan kegiatan penilaian terhadap kegiatan pembelajaran yangtelah dilakukan. Seorang guru mampu memotivasi peserta didik untuk mengaktualisasikanberbagai potensinya. Secara praktik, ada dua bentuk kegiatan yang harus dilakukanseorang guru secara berkesinambungan, yaitu; memfasilitasi peserta didik untukpengembangan berbagai potensi akademiknya dan memfasilitasi peserta didik untukmengembangkan potensi nonakademiknya. Ada enam segi kemampuan dan ketrampilanyang harus dikembangkan oleh seorang guru, yaitu: penetapan tujuan pengajaran,pengelolaan kelas, pemilihan metode, penyajian pelajaran, penciptaan suasana belajaryang baik, serta perencanaan pelaksanaan dan evaluasi pengajaran. Kemampuan yang urusdimiliki guru berkenaan dengan aspek-aspek yang diamati, yaitu: enguasaan terhadapkarakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, danintelektual. Penguasaan terhadap teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yangmendidik. Mampu mengembangkan kurikulum yang terkait dengan bidang pengembanganyang diampu. Menyelenggarakan kegiatan pengembangan yang mendidik. Memanfaatkanteknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan penyelenggaraan kegiatanpengembangan yang mendidik. Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untukmengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki. Berkomunikasi secara efektif, empati,dan santun dengan peserta didik. Melakukan penilaian dan evaluasi proses dan hasilbelajar, memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran.Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran Maka dituntutkinerja yang maksimal dan membutuhkan suatu tanggungjawab yang bulat dan di dalamsikap yang utuh dalam melaksanakan tugas pelayanannya dalam dunia pendidikan,demikian juga guru PAK. Tugas yang diemban merupakan pekerjaan yang mulia yaitumelaksanakan tugasnya sebagai tenaga pendidik yang meliputi penguasaan pengetahuan,penguasaan metodologi, manajemen, dan sebagainya yang tercermin dalam kinerja guruyang berkompetensi.
Copyrights © 2021