DIMENSI PENDIDIKAN
Vol 17, No 3 (2021): Dimensi Pendidikan

ANALISIS PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 KELAS 5 SDN DRESI WETAN KECAMATAN KALIORI REMBANG

Ira Safira Irhama (Universitas PGRI Semarang)
Wawan Priyanto (Universitas PGRI Semarang)
Bagus Ardi Saputro (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Oct 2021

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah adanya pandemi Covid-19 memberikan dampak pada banyak pihak, salah satunya pada pendidikan. Sehingga pemerintah memberikan kebijakan untuk melaksanakan pembelajaran secara daring (dalam jaringan). Dengan kebijakan tersebut banyak faktor yang menghambat dalam pelaksaaan pembelajaran daring, dan memberikan dampak kepada guru, orang tua dan siswa. Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran daring dan analisis dampak dari pembelajaran daring  (dalam jaringan) dimasa pandemi Covid-19 pada kelas V Sekolah Dasar Negeri Dresi Wetan Kecamatan Kaliori Rembang. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran daring dan menganalisis dampak dari pembelajaran daring pada kelas V Sekolah Dasar Negeri Dresi Wetan Kecamatan Kaliori Rembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskripsi. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah wali kelas V, siswa kelas V SDN Dresi Wetan, dan orang tua. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa wawancara semi terstruktur, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah pandemi Covid-19 membawa dampak yang sangat besar terhadap proses pembelajaran, pembelajaran yang biasanya dilaksanakan secara langsung kini dialihkan menjadi pembelajaran daring. Peserta didik merasa jenuh dan bosan selama melaksanakan pembelajaran. Pembelajaran daring yang dilakukan untuk anak usia sekolah dasar kurang efektif.                    Kata kunci : analisi, pembelajaran, daring, covid-19

Copyrights © 2021