Jurnal Kesehatan Al-Irsyad
Vol. 14 No. 2 (2021): Vol. 14, No. 2 Edisi September 2021

HUBUNGAN KESIAPAN MAHASISWA DENGAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATERI PEMBELAJARAN PADA METODE PENDIDIKAN JARAK JAUH MAHASISWA PROGRAM SARJANA STIKES AL-IRSYAD AL-ISLAMIYYAH CILACAP

Putri, Intan Apriana (Unknown)
Prasetyo, Agus (Unknown)
Saputra, Bejo Danang (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2021

Abstract

Covid-19 saat ini masih terus berlangsung membawa perubahan pada dunia pendidikan di Indonesia dengan pemberlakuan pendidikan jarak jauh (PJJ). Pada metode PJJ ini mahasiswa harus mempunyai kesiapan dan kemampuan pemahaman materi pembelajaran yang baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara kesiapan mahasiswa dengan kemampuan pemahaman materi pembelajaran pada metode PJJ mahasiswa program sarjana di STIKES Al Irsyad Al Islamiyyah Cilacap tahun 2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain survey analitik, menggunakan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel adalah cluster sampling. Jumlah sampel 77 mahasiswa. Data dianalisis menggunakan uji Spearman Rank. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan antara kesiapan mahasiswa dengan kemampuan pemahaman materi pembelajaran pada metode pendidikan jarak jauh mahasiswa program sarjana di STIKES Al Irsyad Al Islamiyyah Cilacap tahun 2021 (p value = 0,001 < α = 0,05). Kata Kunci: Pendidikan Jarak Jauh (PJJ), kesiapan mahasiswa, kemampuan pemahaman materi pembelajaran.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jka

Publisher

Subject

Health Professions Nursing Public Health

Description

Al-Irsyad Health Journal is a journal that publishes articles or research results and critical analysis studies related to nursing, midwifery and physiotherapy problems. Al-Irsyad Health Journal is published by STIKES Al-Irsyad Al-Islamiyyah Cilacap twice a year (March and September). The mission of ...