SMK adalah salah satu bentuk satuan pendidikan formal yang menyelenggarakan pendidikan kejuruan pada jenjang pendidikan menengah sebagai lanjutan dari SMP, MTs, atau bentuk lain yang sederajat. Pendidikan kejuruan bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa sesuai dengan program kejuruanya. SMK yang berkualitas ditinjau dari kelayakan sarana dan prasarana yang membantu mengembangkan ketrampilan siswa dalam proses belajar sehingga dapat memenuhi standar UKK. Dengan menggunakan metode Simple Additive Weighting sebagai basis dalam pengolahan data untuk menentukan kelayakan Lab TKJ. Hal ini memungkinkan sistem yang dapat memberikan perankingan sesuai kriteria yang dibutuhkan, dengan pembobotan nilai yang dilakukan dalam sistem ini akan mempermudah untuk menentukan layak atau tidaknya sekolah untuk mengikuti program UKK. Pada penelitian ini digunakan lima alternatif sebagai sampel yang akan diuji kelayakan laboratorium TKJ untuk mengetahui kualitas laboratorium yang dimiliki SMK terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat ketercapaian kelayakan ditinjau dari PC Server, PC Client, Sistem Jaringan, Software, Ruangan, Peralatan Tambahan, Kelayakan Kursi dan Jarak meja, dimana jika memenuhi semua kriteria tersebut dengan baik maka dikatakan Sangat Layak jika kurang memenuhi berarti Kurang Layak dan jika sedang berarti layak.
Copyrights © 2019