MALIA: Journal of Islamic Banking and Finance
Vol 5, No 2 (2021): Malia: Journal of Islamic Banking and Finance

Persepsi Anggota Non Muslim Terhadap Pemasaran Syariah di KSPPS Ki Ageng Pandanaran Semarang

Sa'diyah, Siti Rofik Atus (Unknown)
Rokhman, Wahibur (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi anggota non muslim terhadap pemasaran Islam yang diterapkan Koperasi Simpan Pinjam dan pembiayaan Syariah (KSPPS) Ki Ageng Pandanaran Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif.  Sumber data penelitian ini wawancara dengan lima  anggota non muslim yang menggunakan berbagai produk jasa dan nara sumber dari dua orang pengelola  KSPPS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemasaran Islam sangat mendorong minat masyarakat non muslim dalam bergabung menjadi anggota. Pemasaran Islam yang ditawarkan antara lain: kesuaian produk-produk yang ditawarkan dengan kebutuhan anggota,  akad yang diterapkan secara terbuka dan adil, sikap jujur, transparan, serta  memberikan pelayanan yang baik di KSPPS Ki Ageng Pandanaran Semarang. Penelitian ini memiliki kontribusi praktis bagi manajerial lembaga keuangan mikro syariah dalam memperluas pasar tidak hanya dari kalangan muslim tetapi juga non muslim.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

syirkah

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

MALIA: Journal of Islamic Islamic and Finance publishes articles with two related to themes; Islamic banking and finance. The first major theme is the Islamic Banking. The study of Islamic banking include all submissions related to Islamic banking, be it management, marketing, accounting, product, ...