Salah satu indikator keberhasilan suatu program adalah memberikan dampak positif terhadap suatu program terkait, BPJS kesehatan merupakan sebuah program pemerintah dalam aspek pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Sasaran utama dari program ini adalah masyarakat yang membutuhkan subsidi kesehatan yang membutuhkan pelayanan oleh rumah sakit, keberhasilan pelayanan yang diberikan rumah sakit terhadap pasien merupakan hal terpenting guna memberikan rasa nyaman dan puas yang akan memberikan timbal balik terhadap citra rumah sakit terkait. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien yang berkunjung ke RSUD Lembang pada periode Mei 2021 dengan menggunakan metode penelitian Kuantitatif dan menggunakan analisis Univarian dan Bivariat Jenis penelitian kuantitatif dengan rancangan cross sectional. Sampel penelitian berjumlah 30 pasien peserta program layanan Badan PenyelenggaraJaminan Sosial (BPJS) yang dipilih secara acak atau dengan metode random sampling. Dianalisis menggunakan Chi Square. Sehingga dapat menghasilkan penarikan kesimpulan terhadap respon pasien akan pelayanan yang diberikan oleh RSUD terkait. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sebagian besar pasien BPJS rawat inap periode Mei 2021 menunjukan angka cukup puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh Rumah Sakit terkait dengan dengan persentase sebesar: 58,3% namun masih terdapat beberapa catatan diantaranya: perlu adanya peningkatan kebersihan lingkungan Rumah Sakit, Peningkatan jam pelayanan Rumah Sakit, dan melengkapi kesediaan farmasi.
Copyrights © 2021