PAEDAGOGY : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi
Vol. 1 No. 2 (2021)

UPAYA PENINGKATAN MINAT BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR FISIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SISWA KELAS XII SMAN 9 KOTA JAMBI TAHUN PELAJARAN 2018-2019

HELNOVIA HELNOVIA (SMA Negeri 9 Kota Jambi Provinsi Jambi)



Article Info

Publish Date
04 Nov 2021

Abstract

Tujuan penelitian adalah meningkatkan minat dan prestasi belajar fisika siswa kelas XII IPA 2 SMA Negeri 9 Kota Jambi Tahun Pelajaran 2018-2019. Maka pendekatan yang dilakukan adalah menerapkan model pembelajaran Inkuiti untuk mencapai tujuan tersebut. Keberhasilan penelitian ditentukan bahwa apabila minat siswa terhadap pelajaran fisika secara klasikal sangat tinggi, dan ketuntasan prestasi belajar fisika secara klasikal mencapai sekurang-kurangnya 85 % dari seluruh siswa. Penelitian ini dilakukan sesuai dengan tahapan penelitian tindakan kelas, subyek penelitian 35 siswa yang terdiri atas 15 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Cara pengambilan data yaitu angket minat belajar fisika dan tes prestasi belajar siswa, dengan analisis porsentasi. Hasil penelitian diperoleh minat belajar fisika pra siklus 65% kategori cukup tinggi, siklus I 79% kategori tinggi, dan siklus II 81% kategori sangat tinggi. Sedangkan prestasi belajar siswa diperoleh ketuntasan klasikal pra siklus 11%, siklus I 20%, dan siklus II 89%. Berdasarkan hasil ini baik minat maupun prestasi belajar mengalami peningkatan bahkan mencapai indikator keberhasilan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

paedagogy

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

PAEDAGOGY : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi contains writings/articles on the results of thoughts and research results written by teachers, lecturers, experts, scientists, practitioners, and reviewers in all disciplines related to Educational Science and ...