Pada penelitian ini terdapat masalah yaitu mengenai kecerdasan matematis-logis dan rasa percaya diri siswa. Tujuan penelitian pertama adalah untuk mengetahui apakah kecerdasan matematis-logis berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 2 Sumbergempol. Kedua, untuk mengetahui apakah rasa percaya diri siswa berpengaruh terhadap hasil belajar matematika kelas VIII SMPN 2 Sumbergempol. Ketiga, apakah rasa percaya diri siswa berpengaruh terhadap hasil belajar matematika Kelas VIII SMPN 2 Sumbergempo. Ketiga untuk mengetahui apakah kecerdasan-matematis dan rasa percaya diri siswa terhadap hasil belajar matematika kelas VIII SMPN 2 Sumbergempol. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain survey. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMPN 2 Sumbergempol. Sampel yang digunakan adalah 26 siswa kelas VIIIG SMPN 2 Sumbergempol. Pada analisis awal melakukan pengujian uji normalitas dan juga linearitas, pada uji terakhir menggunakan uji regresi. Pada pengujian rasa percaya diri dan hasil belajar matematika hasil yang diperoleh adalah tidak ada pengaruh yang signifikan antara rasa percaya diri siswa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIIIG SMPN 2 Sumbergempol. Pada pengujian kecerdasan matematis-logis dan rasa percaya diri siswa terhadap hasil belajar matematika hasil yang diperoleh adalah ada pengaruh yang signifikan antara kecerdasan matematis-logis dan rasa percaya diri siswa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIIIG SMPN 2 Sumbergempol.
Copyrights © 2018