Salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya nilai mahasiswa pada mata kuliah Struktur Aljabar II adalah mahasiswa yang kurang aktif bertanya, hanya mengandalkan materi dari dosen dan kurang percaya diri sehingga mahasiswa sulit melakukan penalaran dalam memahami konsep. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya peningkatan hasil belajar dan keaktifan mahasiswa melalui modifikasi model belajar kooperatif tipe Jigsaw pada mata kuliah Struktur Aljabar II di Universitas Muhammadiyah Palembang. Penelitian ini berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari beberapa siklus. Subjek yang diamati dalam penelitian ini adalah dosen dan mahasiswa semester IV tahun ajaran 2016/2017 Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes dan observasi. Dengan melakukan model pembelajaran yang memodifikasi model belajar kooperatif tipe Jigsaw diperoleh hasil tes pada siklus I sebesar 66,7% mahasiswa memperoleh nilai ³ 80, sedangkan pada siklus II sebesar 77,8% mahasiswa memperoleh nilai ³ 80. Hal ini menunjukkan peningkatan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Struktur Aljabar II melalui modifikasi belajar kooperatif tipe Jigsaw dan terjadi peningkatan keaktifan mahasiswa. Mahasiswa menjadi lebih aktif bertanya, mandiri dan lebih percaya diri.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017