Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 2, No 2 (2018): JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LIMAS DAN PRISMA DENGAN MENGGUNAKAN MOODLE DI SMP NEGERI 19 PALEMBANG

Na’imah, Ummu (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 May 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran matematika terutama untuk Limas dan Prisma dengan menggunakan Moodle. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Akhir penelitian berupa produk yang dihasilkan adalah media pembelajaran limas dan prisma berbasis moodle yang akan digunakan di SMP. Negeri 19 Sumatera Selatan. Penelitian ini dilakukan di SMP. Negeri 19 Palembang karena sekolah ini telah memiliki fasilitas memadai yaitu berupa lab komputer yang telah terkoneksi dengan internet. Penelitian dilakukan terhadap 37 orang siswa. Alat pengumpulan data digunakan lembar observasi untuk mengetahui aktivitas siswa serta sebagai indikator kepraktisan media yang dikembangkan, angket untuk mengetahui motivasi siswa saat menggunakan moodle, dan tes untuk mengetahui hasil belajar siswa atau efek potensial setelah menggunakan moodle. Sedangkan lembar validasi digunakan untuk mengetahui tingkat kevalidan media yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media telah dikategorikan sebagai media yang valid dan praktis serta dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar. Selain itu, media pembelajaran limas dan prisma juga memeliki efek potensial terhadap hasil belajar siswa.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jpmatematika

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika is a double blind peer-reviewed journal which is published by Mathematics Education Study Programme of Teacher Training and Education Faculty of Universitas Muhammadiyah Palembang. This journal publishes current concept and research papers on in the scope of ...