Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran matematika terutama untuk Limas dan Prisma dengan menggunakan Moodle. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Akhir penelitian berupa produk yang dihasilkan adalah media pembelajaran limas dan prisma berbasis moodle yang akan digunakan di SMP. Negeri 19 Sumatera Selatan. Penelitian ini dilakukan di SMP. Negeri 19 Palembang karena sekolah ini telah memiliki fasilitas memadai yaitu berupa lab komputer yang telah terkoneksi dengan internet. Penelitian dilakukan terhadap 37 orang siswa. Alat pengumpulan data digunakan lembar observasi untuk mengetahui aktivitas siswa serta sebagai indikator kepraktisan media yang dikembangkan, angket untuk mengetahui motivasi siswa saat menggunakan moodle, dan tes untuk mengetahui hasil belajar siswa atau efek potensial setelah menggunakan moodle. Sedangkan lembar validasi digunakan untuk mengetahui tingkat kevalidan media yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media telah dikategorikan sebagai media yang valid dan praktis serta dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar. Selain itu, media pembelajaran limas dan prisma juga memeliki efek potensial terhadap hasil belajar siswa.
Copyrights © 2018