Eksplorasi
Vol. 28 No. 2 (2016): Eksplorasi

Pemanfaatan Permainan Tradisional sebagai Media Pembelajaran Anak Usia Dini untuk Mengembangkan Aspek Moral dan Bahasa Anak

Irfan Haris & Dwi Hastuti (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Sep 2016

Abstract

Penelitian ”Pemanfaatan Permainan Tradisional sebagai Media PembelajaranAnak Usia Dini untuk Mengembangkan Aspek Moral dan Bahasa Anak” memilikitujuan mengetahui jenis permainan tradisional yang dapat dikembangkan sebagaimedia pembelajaran, dan mengetahui pemanfaatan permainan tradisional efektifdigunakan sebagai media pembelajaran dapat mengembangkan aspek moral danbahasa anak usia dini.Luaran penelitian ini akan disajikan dalam tiga bentuk yaitu: Artikel ilmiahuntuk dipublikasikan sehingga dapat menjadi pengayaan dalam ilmupendidikan khususnya Ilmu Pendidikan Anak Usia Dini, perangkat pembelajaranberupa RPPH dan Produk lagu permainan tradisional 3 bahasa.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Develomentkarena peneliti ingin mengembangkan permainan tradisional sebagai mediapembelajaran yaitu permainan jamuran dan sluku-sluku bathok untukmengembangkan moral dan bahasa (Bahasa arab, bahasa inggris, bahasa jawa danbahasa Indonesia) anak usia dini. Pengembangan perangkat pembelajaran yangdisusun dalam penelitian ini mengacu pada jenis pengembangan model 4-D (fourD model), yang terdiri dari 4 tahap. Keempat tahap tersebut adalah tahappendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan(development), dan tahap penyebaran (disseminate).Hasil penelitian ini adalah Permainan tradisional jamuran dan sluku-sluku bathoksebagai media pembelajaran efektif dapat mengembangkan aspek moral danbahasa anak usia dini dengan prosentase 80% peserta didik yang tuntas belajar.Kata Kunci: Permainan Tradisional, Media Pembelajaran, Anak Usia Dini.

Copyrights © 2016