Eksplorasi
Vol. 28 No. 2 (2016): Eksplorasi

Citra Kawasan Ngarsopuro dalam Memperkuat Distribusi dan Komersialisasi Produk Kreatif Kota Solo terhadap Peningkatan Pendapatan Pedagang Produk Kreatif pada Night Market Ngarsopuro

Retno Susanti & Suprihatmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Sep 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis Citra Kawasan Ngarsopuro dalamMemperkuat pengaruh Distribusi dan Komerisialisasi Produk Kreatif Kota Solo terhadapPeningkatan Pendapatan Pedagang Produk Kreatif pada Night Market Ngarsopuro.Survey dilakukan terhadap 100 pedagang Night Market Ngarsopuro Solo. Uji validitasdan reliablitas kuesioner menunjukkan bahwa semua item pertanyaan dari semua variabel adalahvalid dan reliable. Uji asumsi klasik menunjukkan bahwa semua variabel lolos baik ujimultikolinearitas, uji autokorelasi, uji heteroskedastisitas dan uji normalitas. Hasil analisis uji tdari pengaruh variabel Distribusi Produk Kreatif (X1) terhadap Peningkatan PendapatanPedagang (Y) menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, H0 ditolak, maka hipotesisyang menyatakan bahwa variabel Distribusi Produk Kreatif (X1) berpengaruh signifikanterhadap Peningkatan Pendapatan Pedagang (Y) terbukti kebenarannya, nilai signifikansipengaruh variabel Komersialisasi Produk Kreatif (X2) terhadap Peningkatan PendapatanPedagang (Y) sebesar 0,000 < 0,05, H0 ditolak, maka hipotesis yang menyatakan bahwa variabelKomersialisasi Produk Kreatif (X2) berpengaruh signifikan terhadap Peningkatan PendapatanPedagang (Y) terbukti kebenarannya. Nilai signifikansi pengaruh variabel Citra KawasanNgarsopuro (X3) terhadap Peningkatan Pendapatan Pedagang (Y) sebesar 0,000 < 0,05, H0ditolak, berarti hipotesis yang menyatakan bahwa variabel Citra Kawasan Ngarsopuro (X3)berpengaruh signifikan terhadap Peningkatan Pendapatan Pedagang (Y) terbukti kebenarannya.Nilai signifikansi pengaruh variabel Distribusi Produk Kreatif (X1) terhadap PeningkatanPendapatan Pedagang (Y) yang dimoderasi variabel Citra Kawasan Ngarsopuro (X3) sebesar0,428 > 0,05, maka H0 diterima, berarti hipotesis yang menyatakan bahwa variabel CitraKawasan Ngarsopuro (X3) memoderasi pengaruh variabel Distribusi Produk Kreatif (X2)terhadap Peningkatan Pendapatan Pedagang (Y) tidak terbukti kebenarannya. Nilai signifikansipengaruh variabel Komersialisasi Produk Kreatif (X2) terhadap Peningkatan PendapatanPedagang (Y) yang dimoderasi variabel Citra Kawasan Ngarsopuro (X3) sebesar 0,005 < 0,05,maka H0 ditolak, berarti hipotesis yang menyatakan bahwa variabel Citra Kawasan Ngarsopuro(X3) memoderasi pengaruh variabel Komersialisasi Produk Kreatif (X2) terhadap PeningkatanPendapatan Pedagang (Y) terbukti kebenarannya. Adjusted R², sesudah memasukan variabelmoderasi, sebesar 0,858 lebih besar dari Adjusted R² sebelum memasukkan variabel moderasiyaitu sebesar 0,673 maka terbukti bahwa Citra Kawasan Ngarsopuro memperkuat pengaruhVariabel Komersialisasi Produk Kreatif terhadap Peningkatan Pendapatan Pedagang NightMarket Ngarsopuro Solo. Dari Uji F, diperoleh nilai F sebesar 200,324 dengan nilai signifikansi0,000 < 0,05, maka model ini tepat untuk memprediksi pengaruh Variabel Distribusi danKomersialisasi Produk Kreatif terhadap Peningkatan Pendapatan Pedagang Night Market Ngarsopuro yang dimoderasi oleh Citra Kawasan Ngarsopuro. Koefisien Determinasi diperolehdari nilai Adjusted R² sebesar 0,858 atau 85,8%, artinya bahwa sumbangan pengaruh VariabelDistribusi dan Komersialisasi Produk Kreatif terhadap Peningkatan Pendapatan Pedagang NightMarket Ngarsopuro yang dimoderasi oleh Citra Kawasan Ngarsopuro sebesar 85,8% sedangsisanya 14,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.Kata kunci : Kawasan Ngarsopuro, Distribusi Produk Kreatif, Komersialisasi Produk Kreatif,Citra Kawasan Ngarsopuro  

Copyrights © 2016