Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya peranan mata pelajaran Bahasa Indonesiabagi para siswa peserta didik di sekolah khususnya tingkat SD. Peneliti yang juga merupakanguru SD melakukan PTK ini pada siswa didiknya sendiri yaitu seluruh siswa kelas 5 SDN 7Kuripan Purwodadi pada tahun akademik 2015-2016. Salah satu rumusan masalah sepertiyang disampaikan pada artikel ini adalah “Sejauhmana penggunaan media video animasidalam memperbaiki keaktifan siswa dalam mengikuti pelajaran bahasa Indonesia denganmateri cerita rakyat pada siswa kelas 5 SDN 7 Kuripan Purwodadi pada tahun akademik2015-2016?”. Peneliti mengeksplorasi penggunaan video animasi untuk memperbaiki kondisibelajar dengan materi cerita rakyat pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.Penelitiandilakukan dalam 2 siklus.Pada kedua siklus, pengajaran cerita rakyat dilakukan denganmenggunakan video animasi dengan durasi 4 sampai 9 menit.Inti temuan dan analisa bahwapenggunaan media video animasi sangat efektif dalam memperbaiki keaktifan siswa dalammengikuti pelajaran dengan materi cerita rakyat pada pelajaran Bahasa Indonesia.Kata Kunci:Video Animasi, Keaktifan Siswa, Cerita Rakyat
Copyrights © 2016