Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan
Vol. 1 No. 2 (2013): August

KEPUTUSAN PEMBELIAN BLACKBERRY REMAJA DITINJAU DARI KELOMPOK ACUAN

Agus Budiyanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2013

Abstract

Blackberry saat ini adalah suatu trend yang sedang menjadi topik hangat di masyarakat, khususnya pada remaja. Hal ini tentu harus menjadi perhatian khusus oleh para produsen agar dapat memasarkan produknya dengan tepat sasaran. Banyak faktor yang mempengaruhi individu dalam pengambilan keputusannya dalam konsumsi. Kelompok acuan menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi dengan kuat seorang remaja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelompok acuan mana yang lebih berpengaruh pada diri seorang remaja dalam pembelian blackberry-nya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuatitatif dengan menggunakan skala kelompok acuan dan skala keputusan pembelian dengan metode skala likert. Teknik sampling yang digunakan adalah accidental sampling dan didapatkan jumlah subjek sebanyak 106 orang remaja dengan rentang usia 17-20 tahun dan memiliki ponsel blackberry. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan varian pada kelompok acuan yang diketahui dengan membandingkan p-value statistik uji F dengan taraf signifikansi (0,003 < 0,05). Nilai Asymp. Sig dari Kruskal-Wallis test yang lebih besar dari taraf signifikansi (0,171 < 0,05) membuktikan bahwa tidak ada perbedaan pengaruh yang diberikan kelompok acuan terhadap keputusan pembelian. Katakunci: Blackberry, remaja, kelompok acuan, keputusan pembelian

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

jipt

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

JIPT (Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan) publishes a scientific papers on the results of the study/research and review of the literature in the sphere of psychology. ...