Jurnal Dedikasi
Vol. 8 (2011): Mei

PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN LABORATORIUM UNTUK MENUNJANG PELAKSANAAN BAGI GURU IPA BIOLOGI SMP MUHAMMADIYAH 1 MALANG

Drs. Atok Miftachul Hudha, M. Kes Editor (Unknown)
Husamah, S.Pd (Unknown)
Drs. Samsun Hadi, M.Pd (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2012

Abstract

Perangkat pembelajaran merupakan salah satu wujud persiapan yang dilakukan oleh gurusebelum mereka melakukan proses pembelajaran, termasuk di laboratorium. Meskipun telahjelas betapa pentingnya melakukan persiapan melalui pengembangan perangkat pembelajaran,masih banyak kendala yang dihadapi sekolah atau guru, salah satunya SMP Muhammadiyah 1Malang. Guru tidak sempat membuat rencana pembelajaran karena jam mengajar sangat padat.Hal ini terjadi karena guru biologi hanya 1 orang dan berarti harus mengajar semua kelas (9kelas). Sekolah tidak memiliki tenaga khusus untuk mengurus laboratorium, guru yang biasanyamembimbing praktik di Laboratorium dan sekaligus menjadi laboran. Berdasarkan observasidan wawancara dengan guru terungkap bahwa guru hanya melaksanakan kegiatan pengajarandengan menggunakan metode ceramah dan jarang melakukan praktikum di Laboratorium.Penggunaan metode ceramah mengakibatkan ide dan keterampilan psikomotor siswa sulitdisalurkan, sehingga kemampuan siswa tidak berkembang dan tujuan belajar yang dicapai kurangoptimal. Oleh karena itu maka secara terperinci tujuan dari pengabdian ini adalah sebagai berikut:1) Mendeskripsikan pembelajaran IPA biologi di SMP Muhammadiyah 1 Malang yang dilakukanselama ini; 2) Memberikan pendampingan sehingga guru IPA Biologi dapat mengembangkanperangkat pembelajaran laboratorium.Berdasarkan rancangan realisasi pemecahan masalah pada kegiatan pendampinganpengembangan perangkat pembelajaran laboratorium ini, maka berikut diuraikan metode yangdigunakan adalah: 1) Pelatihan dan praktek pembuatan perangkat pembelajaran laboratorium; 2)Pelatihan dan praktek pembuatan berbagai preparat awetan biologi (media pembelajaran), teknikpengamatan dan teknik penggunaan alat-alat terkait; 3) Pendampingan pembuatan perangkatpembelajaran laboratorium; 4) Pendampingan pembuatan awetan biologi; 5) Praktik Pembelajarandi Laboratorium (Open Lesson Praktikum).Gambaran atau realita pembelajaran IPA biologi di SMP Muhammadiyah 1 Malang yangdilakukan selama ini adalah guru mengajar dengan menggunakan metode ceramah dan jarangmelakukan praktikum di Laboratorium. Permasalahan utama yang dihadapi guru adalah tidakdapat membuat perangkat pembelajaran secara maksimal sesuai tuntutan KTSP. Guru hanyamembuat perangkat pembelajaran sebagai dokumen pelengkap tidak digunakan dengansesungguhnya, tidak menjadi patokan atau acuan yang benar-benar menjadi pemandu dalampelaksanaan pembelajaran.Kegiatan pendampingan yang dilakukan memberikan hasil yang positif karena guru IPABiologi SMP Muhammadiyah 1 Malang dapat mengembangkan perangkat pembelajaranlaboratorium dan bahkan telah mempraktekkannya dalam kegiatan pembelajaran riil (praktikum

Copyrights © 2011






Journal Info

Abbrev

dedikasi

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health

Description

Dedikasi adalah jurnal Pengabdian kepada Masyarakat yang diterbitkan oleh Direktorat Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DPPM) Universitas MUhammadiyah Malang. Jurnal dengan tulisan ilmiah populer ini dimaksudkan sebagai media informasi, komunikasi dan sosialisasi hasil-hasil pengabdian ...