Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan
Vol 5 No 4 (2019)

Meningkatkan Hasil Belajar Konsep Energi dan Sumber Energi Menggunakan Model Probing-Promting Learning Dikombinasikan Dengan Model Example Non Example dan Scramble

Nuralimah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa menganalisis peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran IPA materi energi dan sumber energi, menggunakan model pembelajaran Probing-Promting Learning dikombinasikan dengan Model Example Non Example dan Scramble. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas III SDN 2 Karatungan Kecamatan Limpasu Kabupaten Hulu Sungai Tengah dengan jumlah siswa sebanyak 21 orang siswa, Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian Penelitan Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan empat pertemuan, dengan instrumen penelitian menggunakan lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi siswa dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan aktivitas guru terlaksana dengan kriteria “Sangat Baik” pada siklus II pertemuan kedua. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dengan kriteria “Sangat Aktif” pada siklus IV. Begitu pula pada hasil belajar siswa, sebanyak 95% siswa yang telah mencapai KKM yaitu 70 pada siklus II pertemuan kedua. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru telah terlaksana dengan sangat baik, terjadi peningkatan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ptp

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan (Journal of Action Research and Education) is an open access and peer-reviewed journal.The journal is a scientific journal that contains and disseminates research results, in-depth study, and innovative ideas in the field of educational science. The ...