Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa menganalisis peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran IPA materi energi dan sumber energi, menggunakan model pembelajaran Probing-Promting Learning dikombinasikan dengan Model Example Non Example dan Scramble. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas III SDN 2 Karatungan Kecamatan Limpasu Kabupaten Hulu Sungai Tengah dengan jumlah siswa sebanyak 21 orang siswa, Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian Penelitan Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan empat pertemuan, dengan instrumen penelitian menggunakan lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi siswa dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan aktivitas guru terlaksana dengan kriteria “Sangat Baik” pada siklus II pertemuan kedua. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dengan kriteria “Sangat Aktif” pada siklus IV. Begitu pula pada hasil belajar siswa, sebanyak 95% siswa yang telah mencapai KKM yaitu 70 pada siklus II pertemuan kedua. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru telah terlaksana dengan sangat baik, terjadi peningkatan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.
Copyrights © 2019