Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terjadi peningkatan kemampuan guru dalam menyusun RPPH dan untuk mengetahui bagaimana upaya kepala sekolah memberikan bimbingan secara berkelanjutan pada TK Mawar Kayu Bawang Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Metode dalam penelitian ini mengggunakan Penelitian Tindakan Sekolah . Subyek dalam penelitian ini adalah guru-guru pada TK Mawar Kayu Bawang sebanyak 5 orang semuanya perempuan.. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan interprestasi atau persentase keberhasilan dengan menganalisis kemampuan guru dalam menyusun RPPH dan bimbingan berkelanjutan yang dilakukan kepala sekolah. Teknik pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus masing masing siklus 2 kali pertemuan yang terdiri dari empat tahapan yaitu pelaksanaan, perencanaan, evaluasi, dan refleksi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa melalui bimbingan berkelanjutan dapat meningkatkan kemampuan guru menyusun RPPH yaitu kemampuan guru dalam menyususn RPPH diperoleh hasil 94,45% atau Sangat Baik dan bimbingan berkelanjutan yang dilakukan kepala sekolah memperoleh hasil 94% atau pada kreteria Sangat Baik.
Copyrights © 2020