Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan
Vol 6 No 1 (2020)

Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menyusun RPPH Melalui Bimbingan Berkelanjutan

Siti Hanida Ernawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terjadi peningkatan kemampuan guru dalam menyusun RPPH dan untuk mengetahui bagaimana upaya kepala sekolah memberikan bimbingan secara berkelanjutan pada TK Mawar Kayu Bawang Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Metode dalam penelitian ini mengggunakan Penelitian Tindakan Sekolah . Subyek dalam penelitian ini adalah guru-guru pada TK Mawar Kayu Bawang sebanyak 5 orang semuanya perempuan.. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan interprestasi atau persentase keberhasilan dengan menganalisis kemampuan guru dalam menyusun RPPH dan bimbingan berkelanjutan yang dilakukan kepala sekolah. Teknik pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus masing masing siklus 2 kali pertemuan yang terdiri dari empat tahapan yaitu pelaksanaan, perencanaan, evaluasi, dan refleksi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa melalui bimbingan berkelanjutan dapat meningkatkan kemampuan guru menyusun RPPH yaitu kemampuan guru dalam menyususn RPPH diperoleh hasil 94,45% atau Sangat Baik dan bimbingan berkelanjutan yang dilakukan kepala sekolah memperoleh hasil 94% atau pada kreteria Sangat Baik.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ptp

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan (Journal of Action Research and Education) is an open access and peer-reviewed journal.The journal is a scientific journal that contains and disseminates research results, in-depth study, and innovative ideas in the field of educational science. The ...