Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terjadi peningkatan hasil belajar mata pelajaran IPS, aktivitas siswa dan pelaksanaan pembelajaran guru dengan model Talking Stick. Metode dalam penelitian ini mengggunakan Penelitian Tindakan Kelas atau Action Research. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIB SMPN 17 Hulu Sungai Tengah sebanyak 21 orang yang terdiri dari 14 laki-laki dan 7 perempuan.. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan interprestasi atau persentase keberhasilan dengan menganalisis pembelajaran oleh guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Teknik pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus masing masing siklus 2 kali pertemuan yang terdiri dari empat tahapan yaitu pelaksanaan, perencanaan, evaluasi, dan refleksi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa melalui penerapan model Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu nilai rata-rata 84,8 dan secara klasikal ketercapaian 95,7%, aktivitas siswa 93,7% dengan kategori sangat aktif dan pelaksanaan pembelajaran guru 97,5% dengan kategori amat baik.
Copyrights © 2020