Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan
Vol 7 No 1 (2021)

Penerapan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar We Love What We Do pada Peserta Didik Kelas VII SMPN 4 Hulu Sungai Tengah

Lestari (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 May 2021

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan peserta didik kelas VII SMPN 4 Hulu Sungai Tengah, serta pelaksanaan pembelajaran materi We Love What We Do melalui penerapan pendekatan saintifik. Subjek dalam penelitian terdiri dari 29 orang peserta didik kelas VII SMPN 4 Hulu Sungai Tengah semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi/pengamatan, dan refleksi. Data pada penelitian ini diperoleh dari evaluasi, lembar observasi keaktifan peserta didik, dan lembar observasi pelaksanaan pembelajaran luring. Sesuai dengan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik di kelas VII SMPN 4 Hulu Sungai Tengah meningkatkan hasil belajar materi We Love What We Do yaitu tuntas klasikal 55,17% (siklus I) menjadi 86,21% (siklus II), aktivitas belajar dari 68,75% (siklus I) menjadi 77,08% (siklus II), dan pelaksanaan pembelajaran dari 77,08% (siklus I) menjadi 85,42% (siklus II).

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ptp

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan (Journal of Action Research and Education) is an open access and peer-reviewed journal.The journal is a scientific journal that contains and disseminates research results, in-depth study, and innovative ideas in the field of educational science. The ...