Salah satu tujuan penilaian dalam pembelajaran adalah mengetahui kedudukan siswa di dalam kelas atau kelompoknya, keberhasilan pencapaian tujuan pembelajaran, penguasaan siswa terhadap pelajaran, serta ketepatan atau keefektifan metode mengajar. Penelitian  ini difokuskan untuk menilai keterampilan proses sains siswa pada materi ekosistem menggunakan pengamatan langsung sebagai metode pembelajaran. Populasi penelitian kelas X SMAN 1. Instrument penelitian berupa tes  keterampilan proses sains  dalam bentuk essay yang berjumlah  13 soal, ke 13 soal tersebut mencakup indikator keterampilan proses sains meliputi:1) observasi, 2) komunikasi, 3) interpretasi, 4) prediksi, 5) klasifikasi, 6) mengajukan pertanyaan, 7) mengajukan hipotesis, dan 8) menerapkan konsep. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan nilai keterampilan proses pada kelas eksperimen kecuali pada indicator interpretasi (0,2), mengajukan pertanyaan(0,11),dan menerapkan konsep (0,2). Kata kunci:Keterampilan Proses Sains, Pengamatan Langsung
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2013