Penelitan ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesiapan guru biologi SMA Kota Surakarta dalam menyongsong diberlakukannya Kurikulum 2013 ditinjau dari pemahamannya terhadap hakikat biologi sebagai sains. Sejalan dengan tujuan yang ingin dicapai, penelitiann ini merupakan penelitian eksplorasi. Teknik sampling yang digunakan adalah convenience sampling atau captive sampling karena bertujuan untuk menjajagi persepsi guru. Sampel diambil sebanyak 30 orang guru biologi yaitu semua guru peserta yang hadir pada saat peneliti melakukan pengabdian kepada masyarakat di MGMP Biologi SMA di Kota Surakarta. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket dan tes. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengungkapkan bahwa hanya ada 6 orang (20%) guru yang mendefinisikan biologi berkaitan dengan dimensi proses, produk, dan sikap ilmiah, selebihnya sebagain besar masih terorientasi pada produk 22 orang (72%) atau tidak menjawab 2 orang (7%). Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa bahwa sebagian besar guru biologi SMA Kota Surakarta belum siap untuk menyongsong diberlakukannya Kurikulum 2013 ditinjau dari pemahamamannya terhadap hakikat biologi sebagai sains. Oleh karena itu, sebelum kurikulum 2013 benar-benar diberlakukan perlu adanya sosialisasi dan pelatihan yang memadahi bagi guru supaya implementasinya sesuai dengan harapan.  Kata kunci: hakikat sains, kesiapan guru biologi, kurikulum 2013
Copyrights © 2013