Masalah dari penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuanberbicara mengunakan gambar berseri, dan bagaimana memotivasi siswa dalamberbicara bahasa inggris. Penelitian ini dilatar belakangi oleh konsep kerangkapenting pada penggunaan gambar berseri melalui kelompok belajar untukmeningkatkan motivasi mereka untuk berbicara bahasa inggis selama prosesinteraksi komunikasi di kelas. Jenis penelitian ini adalah menggunakan penelitiantindakan kelas (Classroon Action Research). Subyek penelitian ini terdiri atas 40orang siswa pada kelas X-1, SMAN 3 Kediri tahun ajaran 2007-2008. Datapenelitian dikumpulkan dengan menggunakan tes vocabulary (tes sesudahperlakuan pertama dan tes sesudah perlakuan kedua), pengamatan untukmendapatkan data pada motivasi siswa pada peningkatan kemampuan berbicaradengan mengunakan gambar berseri. Data pada kemampuan berbicaramenggunakan gambar berseri diananalisa menggunakan urian deskripsi danstatistik untuk melihat peningkatan nilai rata-rata siswa sesudah perlakuanpertama dan perlakuan kedua. Berdasar perlakuan pertama, nilai rata-rata siswameningkat menjadi 67.8 and pada perlakuan kedia, nilai rata-rata siswa menjadi78.8. dapatlah disimpulkan bahwa pengajaran berbicara melalui gambar berseridapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa.
Copyrights © 2012