Perbal : Jurnal Pertanian Berkelanjutan
Vol 7, No 3 (2019)

Analisis Saluran Dan Margin Pemasaran Pupuk Bersubsidi (Urea Dan Npk Phonska) Di Kecamatan Malangke Kab. Luwu Utara

Rahmi Azizah Mudaffar (Prodi Agroteknologi Fakultas Pertanian, Universitas Andi Djemma Palopo)



Article Info

Publish Date
23 Oct 2019

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan Untuk Mengetahui bentuk saluran pemasaran pupuk bersubsidi ( Urea dan Phonska) dan fungsi pemasaran yang dilakukan oleh produsen dan lembaga pemasaran di daerah penelitian dan Untuk mengetahui besarnya biaya pemasaran, Margin Pemasaran dan Shere Margin ) setiap lembaga pemasaran yang terlibat dalam saluran pemasaran?. Penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus–Oktober 2019 di Kec. Malangke Kabupaten Luwu Utara dengan pertimbangan kecamatan ini merupakan merupakan salah satu sentra penghasil tanaman Jagung ( Tanaman Pangan). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menujukkan bahwa Hanya ada satu saluran pemasaran pupuk bersubsidi didaerah peneltian yaitu Produsen, Distributor, Pengecer, Petani. Produsen melakukan 4 Fungsi Pemasaran yaitu Penjualan, Penyimpanan, transportasi dan pembelian. Selain 4 funngsi pemasaran tersebut diatas, produsen juga melakukan fungsi pembelian dalam hal pegadaan bahan baku tetapi tidak melakukan pembelian hasil produksi yang berupa pupuk, sedangkan lembaga pemasaran yang yang terlibat yaitu distributor dan pengecer melakukan 5 fungsi pemasaran yaitu pembelian, penjualan, transpotasi, penyimpanan dan pembiayaan. Kata kunci: analisis, margin pemasaran, pupuk bersubsidi

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

perbal

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Jurnal ini berisi tentang lingkup ilmu-ilmu pertanian, dengan prioritas pada ilmu dan teknologi tanaman (pangan, perkebunan, hortikultura, dan kehutanan), termasuk aspek pascapanen, sosial ekonomi, maupun ...