Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Sains
Vol 1 No 2 (2021): Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Sains

PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVMENTDIVISION (STAD) DAN TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI KUBUS DAN BALOK : KELAS VIII SMP NEGERI 9 PADANGSIDEMPUAN TP. 2018/2019

Rizki Naimah Rambe (Mahasiswa UIN Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2021

Abstract

Kemampuan berpikir kritis matematika siswa ditentukan oleh media pembelajaran yang menarik siswa terhadap pembelajaran matematika. Media pembelajaran siswa dapat dibentuk dengan baik melalui penerapan model pembelajaran kooperatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe student team achievment division (STAD) dan tipe think pairs share (TPS) pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMPN 9 padangsidempuan T.P. 2018/2019. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperiment. Populasinya seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Padangsidempuan Indonesia yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 46 siswa, sedangkan sampelnya 23 siswa kelas eksperimen I dan 23 siswa kelas eksperimen 2. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Adapun instrumen tes yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis dengan menggunakan tes berbentuk uraian. Dimana untuk mengetahui kemampuan awal siswa dilakukan berupa tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest). Analisis data terdiri dari dua bagian: analisis deskriptif dan analisis inferensial. Nilai rata-rata posttest di kelas hasil eksperimen I adalah 70,435 dan nilai rata-rata posttest di kelas eksperimen II adalah 64,478 dan selisih nilai posttest antara kelas eksperimen I dan II adalah 5,174. Dari uji homogenitas data posttest kedua sampel homogen, di mana F hitung < F tabel adalah 1,4625 < 2,0478. Setelah pengujian hipotesis menggunakan uji-t didapatkan bahwa t hitung > t tabel adalah 2,5820 > 2,0154 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis maternatika siswa yang diajarkan oleh pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dan tipe Think Pair Share (TPS) dan pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMPN 9 padangsidempuan T.P2018/2019. Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievment Division, Think Pairs Share, Kemampuan Berpikir Kritis.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

algebra

Publisher

Subject

Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Sains dikelola dan diterbitkan oleh Tim Riset YANA dibawah Yayasan Amanah Nur Aman. Algebra : jurnal pendidikan, sosial dan sains berdiri sejak tahun 2021 dan terbit 4 edisi setiap tahun yaitu pada bulan Maret, Juni, September dan ...