Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Sains
Vol 1 No 3 (2021): Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Sains

ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MASA PANDEMI COVID-19

Windi Rahmana Putri (Mahasiswa UIN Sumatera Utara)
Hadis Purba (UIN Sumatera Utara)
Eka Khairani Hasibuan (UIN Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
10 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi deskripsi kemampuan komunikasi matematis siswa SMA Cerdas Murni kelas XI MIA-1 pada pembelajaran matematika yang dilakukan selama masa pandemi Covid-19 dengan pembelajaran daring atau jarak jauh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan (1) kemampuan komunikasi matematis siswa dengan kategori sangat baik (A) bahwa siswa memenuhi dan mencapai ketiga indikator yanng telah dirumuskan; (2) kemampuan komunikasi matematis pada kategori baik (A-) memenuhi ketiga indikator, akan tetapi pada indikator 3 siswa masih kurang memenuhi namun secara keseluruhan dapat dikatakan baik; (3) kemampuan komunikasi matematis pada kategori sedang (B) sudah cukup baik namun pada indikator 1 dan 3 masih belum terpenuhi; (4) kemampuan komunikasi matematis siswa pada kategori rendah (C) menunjukkan bahwa siswa belum memenuhi baik indikator 1, indikator 2 maupun indikator 3. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis pada pembelajaran matematika siswa kelas XI MIA-1 SMA Cerdas Murni selama pandemi Covid-19 sudah baik dengan persentase kategori baik 41,6%. Kata Kunci : Kemampuan Komunikasi Matematis; Pembelajaran Matematika; Pandemi Covid- 19. ABSTRACT As for this study, the aim of this study was to obtain information on the description of the mathematical communication skills of Cerdas Murni Senior High School students class XI MIA-1 in mathematics learning carried out during the Covid-19 pandemic by online or distance learning. This study uses a qualitative approach and the type of qualitative descriptive research. The results of this study indicate (1) students' mathematical communication skills with a very good category (A) that students meet and achieve the three indicators that have been formulated; (2) mathematical communication skills in the good category (A-) meet the three indicators, but in indicator 3 students still do not meet but overall it can be said to be good; (3) mathematical communication skills in the medium category (B) are quite good but indicators 1 and 3 are still not fulfilled; (4) students' mathematical communication skills in the low category (C) indicate that students have not met either indicator 1, indicator 2 or indicator 3. Based on the results of the analysis, it is concluded that mathematical communication skills in mathematics learning of class XI MIA-1 Cerdas Murni Senior High School during the pandemic Covid-19 is already good with a good category percentage of 41.6%. Keywords: Mathematical Communication Skills; Math Learning; Covid-19 Pandemic.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

algebra

Publisher

Subject

Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Sains dikelola dan diterbitkan oleh Tim Riset YANA dibawah Yayasan Amanah Nur Aman. Algebra : jurnal pendidikan, sosial dan sains berdiri sejak tahun 2021 dan terbit 4 edisi setiap tahun yaitu pada bulan Maret, Juni, September dan ...