Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) kualitas perencanaan ruang praktik busana SMK di Provinsi Bali untuk meningkatkan pelajaran program produktif, (2) kualitas pengorganisasian ruang praktik busana SMK di Provinsi Bali untuk meningkatkan pelajaran program produktif , (3) kualitas pengawasan ruang praktik busana SMK di Provinsi Bali untuk meningkatkan pelajaran program produktif. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif, dengan obyek semua SMK yang memiliki program Keahlian Tata Busana di Provinsi Bali yang berjumlah 6 SMK. Instrumen penelitian yang digunakan berupa dokumentasi dan lembar observasi. Data penelitian yang diperoleh kemudian dibandingkan dengan standar kualitas yang ditetapkan oleh Permendiknas no 40 tahun 2008 dan dianalisis statistik deskriptif untuk menentukan kategori kualitas yaitu, sangat kurang baik, kurang baik, cukup baik, baik, dan sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kualitas perencanaan ruang praktik busana Sekolah Menengah Kejuruan di Provinsi Bali adalah sangat baik. (2) Kualitas pengorganisasian  ruang praktik busana Sekolah Menengah Kejuruan di Provinsi Bali adalah sangat baik. (3) Kualitas pengawasan  ruang praktik busana Sekolah Menengah Kejuruan di Provinsi Bali adalah sangat baik.  Kata-kata Kunci: Pengelolaan, Ruang Praktik Busana, Provinsi Bali
Copyrights © 2012