Jurnal Curvanomic
Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Mahasiswa Ekonomi Pembangunan

ANALISIS KUALITAS PELAYANAN RAWAT INAP BAGI PASIEN PENGGUNA BPJS KESEHATAN PBI ( PENERIMA BANTUAN IUARAN ) STUDI KASUS RUMAH SAKIT UMUM DAERAH SULTAN SYARIF MOHAMAD ALKADRIE DI KOTA PONTIANAK

B21111011, Fransiska Fisiarti (Unknown)
B1011131127, Yani Tri Ramadani (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2019

Abstract

ABSTRAK Kualitas merupakan suatu kondisi dinamis yang berhubungan dengan produk jasa, manusia, proses lingkungan yang memenuhi atau melebihi harapan. Salah satunya adalah kualitas pelayanan yang ada di Rumah Sakit Umum Daerah Sultan Syarif Mohamad Alkadrie di Kota Pontianak. Salah satu permasalahan yang di hadapi Rumah Sakit Umum Daerah Sultan Syarif Mohamad Alkadrie di Kota Pontianak tersebut adalah pengalaman yang tidak menyenangkan dan tidak sopan dari pihak rumah sakit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis kualitas pelayanan, kendala dan kebijakan pemerintah mengantisipasi kendala dalam penggunaan BPJS Kesehatan PBI (Penerima Bantuan Iuran). Metode analisis yang digunakan adalah deskriptif, yaitu menggambarkan secara konkrit kejadian dan kenyataan yang ada di lapangan (kuesioner dan wawancara). Hasil penelitian menunjukkan bahwa mengenai kualitas pelayanan publik BPJS Kesehatan perlu meningkatkan koordinasi dengan pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Syarif Mohamad Alkadrie di Kota Pontianak mengenai sarana dan prasarana baik ruang pelayanan maupun di ruang rawat inap dan sarana lainnya, serta memperhatikan kinerja perawat dalam melayani pasien rawat inap khususnya pasien BPJS Kesehatan PBI, dimana BPJS Kesehatan perlu memperhatikan kondisi penunjang pelayanan yang dibutuhkan dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada pasien BPJS Kesehatan PBI.Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Rawat Inap, Pasien BPJS Kesehatan PBIDAFTAR PUSTAKAAlamsyah, D. (2001). Manajemen Pelayanan Kesehatan. Pontianak: Nuha Medika.Azwar, A. (1996). Pengantar Administrasi Kesehatan. Jakarta: BinarupaAksara.Bungin, B. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif . Yogyakarta: Gajah Mada Press.Dwiyanto, A. (2006). Transparansi Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.Hardiyansyah. (2011). Kualitas Pelayanan Publik Konsep, Dimensi, Indikator Serta Implementasinya. Yogyakarta: Gava Media.Lontaan, M. M. (2014). Kualitas Pelayanan Publik di RSUP Prof.Dr.R.D Kandou Malalayang Manado (Studi pada pasien peserta BPJS kesehatan). -, 4.Lovelock, C., Wirtz, J., & Mussry, J. (2010). Pemasaran Jasa Manusia, Teknologi, Strategi. Jakarta: Penerbit ERLANGGA.Mangkoesoebroto, G. (2013). Ekonomi Publik. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.Moenir. (2006). Manajemen pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.Nasution, S. (2000). Metode Research: Penelitian Ilmiah. Jakarta: Bumi Aksara.News, T. (2016, 12 Jumat). -. Retrieved 8 Rabu, 9, from http://pontianak.tribunnews.com/2016/12/16/ini-kata-dewan-soal-keluhan-pasien-di-rsud-sultan-syarif-mohamad-alkadrie: -Nidia. (2012). Pengaruh Kualitas Layanan Jasa Kesehatan Terhadap Kepuasan Paisen Puskesmas Bara-Baraya Makassar. Universitas Hasanudin, -.Nidia. (2012). Pengaruh Kualitas Layanan Jasa Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien PUSKESMAS BARA-BARAYA Makassar. Universitas Hasanuddin, 3.Noor, H. F. (2015). Ekonomi Publik. Jakarta: Indeks.Sinambela, L. P. (2006). Reformasi Pelayanan Publik . Jakarta: Bumi Angkasa.Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.Suyanto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bina Ruda Aksara.Times, T. T. (2016, 12 Jumat). -. Retrieved 8 Rabu, 2017, from http://thetanjungpuratimes.com/2016/12/16/pelayanan-rsud-sultan-syarif-muhammad-alkadrie-memalukan/ : -Tjiptono, F. (2000). Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi.Tjiptono, f. (2008). Service Manajemen; Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: Andi Offset.Tjiptono, F. d. (2005). Service Quality & Satisfication. Yogyakarta: Penerbit Andi.Winarsih, R. &. (2005). Manajemen Pelayanan (Pengembangan Model Konseptual, Penerapan Citizen'c Charter dan Standar Pelayanan Minimal). Yogyakarta: Pustaka Belajar.Yamit, Z. (2004). Manajemen Kualitas Produk Dan Jasa. Jakarta: Ekonesia.

Copyrights © 2018