Jurnal Manajemen Update
Vol 2, No 1 (2013): Jurnal Mahasiswa Manajemen

ANALISIS SWOT TERHADAP STRATEGI PEMASARAN PRODUK DAN PERSEPSI KONSUMEN PADA BINGKE AL-FAJAR DI KOTA PONTIANAK

B11107073, Yohanes Stiven (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Mar 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis SWOT, yaitu kekuatan (Strengths), kelemahan (Weaknesses), peluang (Opportunities), dan ancaman (Threats) sehingga diketahui strategi apa yang diterapkan oleh Bingke Al-Fajar, dan juga bagaimana persepsi konsumen terhadap strategi pemasaran yang digunakan Bingke Al-Fajar. Populasi adalah pemilik Bingke Al-Fajar dan para karyawan serta para konsumen Bingke Al-Fajar yang ada di Pontianak. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 5 sampel untuk internal dan 30 sampel untuk eksternal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Metode analisis yang digunakan adalah Matriks Evaluasi Faktor Internal (Internal Factor Evaluation IFE Matrix), Matriks Evaluasi Faktor Eksternal (Eksternal Factor Evaluation EFE Matrix), Diagram Analisis SWOT, dan Matriks SWOT. Berdasarkan hasil penelitian diagram analisis SWOT menunjukkan bahwa posisi Bingke Al-Fajar berada di Kuadran I, yaitu posisi strategi agresif. Kesimpulan mengenai persepsi konsumen terhadap strategi pemasaran yang digunakan Bingke Al-Fajar adalah baik. Kata kunci : Kekuatan (Strengths), Kelemahan (Weaknesses), Peluang Opportunities), Ancaman (Threats), Persepsi (Perception)

Copyrights © 2013