Sigmagri
Vol 1 No 1 (2021): Juni 2021

ANALISIS IDENTIFIKASI PRODUK UNGGULAN SUBSEKTOR TANAMAN PANGAN DI KABUPATEN JOMBANG

Muhammad Rofiqul Farchan (Universitas KH. A. Wahab Hasbullah)
Siti Nur Qomariah (Unknown)
Rohmat Hidayat (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besaran kontribusi subsektor tanaman pangan terhadap sektor pertanian menjadi sektor basis dan jenis produk tanaman pangan yang merupakan produk unggulan di setiap Kecamatan di Kabupaten Jombang. Metode deskriptif digunakan untuk penelitian ini. dengan menggunakan metode analisis data Location Quotient. Data yang digunakan adalah data hasil produksi dan luas panen tanaman pangan di Kabupaten Jombang selama lima tahun (2014-2018), Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Provinsi Jawa Timur dan Kabupaten Jombang tahun 2014-2018 berdasarkan harga berlaku 2010 yang diperoleh dari BPS Provinsi Jawa Timur dan BPS Kabupaten Jombang. Hasil penelitian menunjukkan selama tahun 2014-2018, subsektor pertanian tanaman pangan di Kabupaten Jombang belum dapat dikategorikan sebagai subsektor basis, karena mempunyai nilai rata-rata LQ < 1 yaitu sebesar 0,96 persen. Berdasarkan PDRB kabupaten Jombang menurut harga berlaku, subsektor tanaman pangan mengalami penurunan dari tahun 2014 sampai di tahun 2018 sebesar 1,95 persen. Hasil identifikasi produk unggulan subsektor tanaman pangan dari setiap kecamatan, padi dan jagung mempunyai nilai paling unggul di bandingkan dengan jenis tanaman pangan lainnya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

sigmagri

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Social Sciences

Description

This journal encompasses original research articles, review articles, and short communications, including: 1. Agribusiness Management 2. Agriculture Economics, 3. Social Science 4. Rural Development 5. Rural Sociology 6. Risk Management 7. Agriculture Extension 8. Financial Management 9. Marketing ...