Jurnal Ilmiah Teknik Industri
Vol. 5, No. 2, Desember 2006

UPAYA PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR DENGAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD)

Much. Djunaidi (Jurusan Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Ahmad Kholid Alghofari (Jurusan Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Dwi Apriyanti Rahayu (Jurusan Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2006

Abstract

PRIMAGAMA merupakan bimbingan belajar bagi siswa-siswi SMU atau sederajat untuk mencapai kelulusan dan dapat melanjutkan studinya keperguruan tinggi yang dikehendakinya. Banyaknya lembaga pendidikan yang bermunculan saat ini, menjadikan persaingan menjadi semakin ketat. Salah satu cara untuk memenangkan persaingan adalah dengan terus meningkatkan mutu pelayanan agar sesuai dengan harapan konsumen (siswa didik). Penelitian ini membahas penerapan metode Quality Function Deployment (QFD), yang berfungsi untuk menentukan kebutuhan pelanggan sehingga setiap area fungsional dan level organisasi / lembaga dapat bertindak terhadap layanan fungsional yang ada. Hasil dari penelitian ini adalah suatu penetapan target berdasarkan perhitungan kepentingan teknik. Setiap respon teknik dapat dijadikan sebagai masukan bagi PRIMAGAMA untuk meningkatkan kualitas pelayanannya. Respon teknik tersebut meliputi: (1) Informasi yang efektif, (2) Metode belajar yang handal, (3) Kedisiplinan tentor dalam mengajar, (4) Fasilitas penunjang yang aman dan lengkap, (5) Sarana dan prasarana belajar mengajar yang mendukung.

Copyrights © 2006






Journal Info

Abbrev

jiti

Publisher

Subject

Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Jurnal Ilmiah Teknik Industri is a scientific journal that aims to participate in developing the scientific field of Industrial Engineering, contains the results of research and theoretical study from lecturers, researchers and industry practitioners. Jurnal Ilmiah Teknik Industri is administered by ...