Bio-Pedagogi : Jurnal Pembelajaran Biologi
Vol 10, No 1 (2021): Bio-Pedagogi: Jurnal Pembelajaran Biologi

Pembelajaran online masa pandemi covid-19 berbasis grup whatsapp untuk meningkatkan motivasi belajar

Ervan Johan Wicaksana (Pendidikan Biologi, Universitas Jambi, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi.)
Pramana Atmadja (Pendidikan Biologi, Universitas PGRI Madiun, Kota Madiun, Jawa Timur 63118.)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini untuk meningkatkan motivasi belajar siswa secara online pada masa pandemi Covid-19 pada sistem sirkulasi dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui pengisian kuesioner berupa Google Form yang dikirimkan melalui WhatsApp Group. Data berupa skala likert dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan WhatsApp Group sebagai media pembelajaran online pada materi Sistem Sirkulasi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yang dibuktikan dengan hasil analisis data berdasarkan jawaban siswa pada angket yang telah dibagikan. Menurut mereka, Sistem Peredaran Darah sangat menarik, hal ini dinyatakan oleh 70% siswa yang bersemangat saat mempelajari Sistem Peredaran Darah. Setelah melakukan pembelajaran online melalui WhatsApp Group. 60% siswa memahami materi Sistem Peredaran Darah yang diberikan menggunakan Grup WhatsApp. Online learning during covid-19 pandemic with whatsapp group to improve students' learning motivation. This research is to improve student motivation to learn online during the Covid-19 pandemic on the circulation system using problem-based learning models. The data collection in this study was carried out through filling out a questionnaire in the form of a Google Form that was sent through WhatsApp Group. Data in the form of a Likert scale were analyzed descriptively quantitatively and qualitatively. The results showed that the use of WhatsApp Group as an online learning medium in the Circulation System material can increase student motivation as evidenced by the results of data analysis based on student answers in the questionnaire that has been distributed. According to them, the Circulatory System is very interesting, this is stated by 70% of students who are excited when studying the Circulatory System. After doing online learning through WhatsApp Group. 60% of students understand the Circulatory System material given using WhatsApp Group.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pdg

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Other

Description

Bio-Pedagogi. Jurnal Pembelajaran Biologi adalah jurnal yang dimiliki oleh Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UNS. Jurnal Bio-Pedagogi akan menerbitkan artikel-artikel ilmiah dalam cakupan bidang ilmu pembelajaran biologi. Artikel yang dimuat adalah artikel hasil penelitian, kajian atau telaah ...