Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu)
Vol 9 No 1 (2020)

Analisis Miskonsepsi Materi Enzim Dengan Menggunakan TT-MCTE Terhadap Siswa SMA

Anggela Hajar Puspitasari (Unknown)
Yuliani Yuliani (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Mar 2020

Abstract

Analisis miskonsepsi siswa SMA (Sekolah Menengah Atas) pada konsep submateri enzim menggunakan TT-MCTE (Three-Tier Multiple Choice Test Enzyme) bertujuan untuk menganalisis miskonsepsi siswa dan penyebab dari miskonsepsi yang dialami siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif evaluatif. Tahap penelitian yaitu dengan mengujikan instrumen TT-MCTE pada siswa SMA yang sebelumnya telah divalidasi ahli, analisis hasil penelitian menggunakan tabel kategori dan kriteria tingkat miskonsepsi, serta penarikan kesimpulan. Sasaran penelitian ini adalah siswa MAN 1 Mojokerto kelas XII MIPA 1 dan kelas XII MIPA 3 sebanyak 60 siswa. Hasil penelitian menunjukkan profil miskonsepsi siswa pada submateri enzim terdiri dari konsep komponen enzim, struktur enzim, sifat dan ciri–ciri enzim, peran enzim dalam metabolisme, mekanisme kompleks enzim, klasifikasi enzim, grafik penurunan energi aktivasi, faktor yang memengaruhi aktivitas enzim, dan jenis inhibitor dengan persentase 11,9% siswa paham konsep, 36% siswa tidak paham konsep, dan 52,1% siswa mengalami miskonsepsi. Faktor penyebab miskonsepsi terdiri dari siswa, buku ajar, guru, media pembelajaran, cara mengajar, dan konteks sehari-hari.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

bioedu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

BioEdu merupakan Jurnal Online Program Studi S-1 Pendidikan Biologi yang diterbitkan oleh Jurusan Biologi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya. BioEdu terbit tiga kali dalam setahun. BioEdu memuat artikel-artikel hasil penelitian ...