Motivasi yang dimiliki oleh siswa akan mendorong siswa untuk belajar lebih giat agar memperoleh hasil belajar optimal sesuai dengan yang mereka harapkan. Risen ini bertujuan untuk melihat ada tidaknya hubungan antara motivasi belajar matematika dengan hasil belajar matematika siswa. Pendekatan dalam riset ini yaitu kuantitatif dengan jenis pendekatan deskriptif korelasional. Populasi dan sampel penelitian yakni seluruh siswa kelas VIII SMP PKPU yaitu sebanyak dua kelas. Pengumpulan data dilaksanakan dengan memakai instrumen angket dan dokumentasi nilai hasil belajar siswa. Data yang dikumpulkan dianalisis secara kuantitatif. Untuk melihat ada tidaknya hubungan motivasi belajar dan hasil belajar digunakan uji korelasi product moment Pearson, dengan uji-t pada taraf signifikan . Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa kelas VIII SMP PKPU Aceh Besar Tahun Ajaran 2018/2019. Hal ini terlihat pada hasil perhitungan korelasi, yaitu dan hipotesis yang diuji dengan taraf signifikan dan . Sehingga didapat , yaitu maka ditolak dan diterima. Motivasi belajar yang diperoleh siswa mempengaruhi hasil belajar siswa, karenanya diperlukan motivasi agar hasil belajar meningkat. Kata Kunci: Motivasi, Belajar, Hasil Belajar.
Copyrights © 2020