Jurnal Pengajaran MIPA
Vol 21, No 1 (2016): JPMIPA: Volume 21, Issue 1, 2016

KETERAMPILAN GURU DALAM MELAKSANAKAN PRAKTIKUM DENGAN MENGGUNAKAN KOMPONEN INSTRUMEN TERPADU (KIT) IPA SD

Rosnita, Rosnita (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Apr 2016

Abstract

ABSTRAKIPA adalah disiplin ilmu yang meneliti fenomena-fenomena alam yang terkadang kompleks sehingga pengajarannya harus dilakukan dengan alat yang dapat memfasilitasi siswa dalam memahami kekom-pleksan tersebut. Salah satu alat untuk memandu pengajaran IPA adalah Komponen Instrumen Terpadu (KIT). Penelitian ini menyelidiki keterampilan guru dalam melaksanakan praktikum dengan menggunakan KIT IPA. Sampel adalah 30 orang guru Sekolah Dasar (SD) di Kota Pontianak. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan angket yang disusun berdasarkan berbagai aspek keterampilan dalam melaksanakan praktikum. Secara keseluruhan, keterampilan guru berdasarkan angket adalah 72% sehingga dikategorikan sebagai Baik, sedangkan hasil observasi langsung kegiatan praktikum menunjukkan bahwa secara keseluruhan keterampilan guru dalam melaksanakan praktikum dengan menggunakan KIT IPA adalah 64% atau dikategorikan dalam kategori Cukup. Aspek yang memperoleh skor paling tinggi dari hasil angket maupun hasil observasi adalah aspek sikap. ABSTRACTScience is a body of knowledge that investigates natural phenomena which are sometimes complex, thus teaching science requires tools that can facilitate students in understanding that complexity. Tool to guide science teaching is science kit (KIT). This study investigated teachers’ skills in conducting laboratory works by using KIT. Samples were 30 elementary schools teachers in Pontianak. The instrument used was observation sheets and questionnaires in which it was composed based on various aspects in conducting laboratory works. Based on questionnaire, teachers’ overall skill in conducting laboratory works was 72% in which it was categorized as Good, whereas based on actual laboratory works observation, teachers’ overall skill in conducting laboratory works was 64%, in which it was categorized as Sufficient. Aspect receiving the highest score from questionnaire and observation was attitude.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JPMIPA

Publisher

Subject

Description

Journal of Mathematics and Science Teaching or Jurnal Pengajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (JPMIPA) was founded in 1993 and published qualitative and or quantitative research concerning mathematics and science teaching. JPMIPA is published by Faculty of Mathematics and Science Education ...