This article provides views on different approach in science teaching which can develop creative thinking in the approach apply (1) system apporach, (2) problem solving strategy and (3) science process skill approaches and supported by creative teacher with open heart, not frighten but able to make students find themselves will, and able to modify and develop subject matter. By developing, thinking creatively in science teaching, is hoped that students are able (1) to solve problems using alternative ways, and (2) to decide causal relation about objects observed.ABSTRAKArtikel ini menguraikan pangajaran sains yang dapat menyebabkan kreativitas siswa dalam berpikir yaitu pengajaran sains yang dilaksanakan: (1) menggunakan pendekatan sistem, (2) menggunakan strategi pemecahan masalah dan(3) menggunakan keterampilan proses yang juga ditunjang oleh pendidik yang kreatif yaitu yang bersikap terbuka, tidak mengancam dan bisa membuat siswa menemukan dirinya sendiri serta mampu memodifikasi dan mengembangkan materi pelajaran sedemikian rupa sehingga memacu siswa berpikir kreatif. Dengan dikembangkannya kreativitas dalam berpikir melalui pengajaran sains, diharapkan (1) siswa mampu menyelesaikan aneka permasalahan dengan berbagai alternatif penyelesaian dan (2) siswa mampu menentukan hubungan sebab akibat mengenai hal-hal yang diamati yang memungkinkannya memperoleh temuan baru
Copyrights © 1993