ABSTRAKMultimedia berbasis karakter konsep pada topik stoikiometri, struktur atom dan ikatan kimia telah dikembangkan dalam bentuk courseware guna mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa SMA. Berdasarkan hasil analisis konsep diketahui bahwa jenis konsep berdasarkan prinsip dan menyatakan simbol merupakan jenis konsep paling dominan pada ketiga pokok bahasan tersebut, sedangkan keterampilan berpikir kritis yang berpotensi untuk dikembangkan pada topik stoikiometri adalah membangun keterampilan dasar, pada topik struktur atom adalah menyimpulkan, dan pada topik ikatan kimia adalah memberikan penjelasan sederhana. Bentuk-bentuk sajian yang dominan adalah berupa teks dan gambar sesuai dengan jenis konsepnya. Pendekatan yang diterapkan dalam mengembangkan multimedia adalah konstruktivistik.ABSTRACTMultimedia courseware based on concept character for chemistry topics stoichiometry, atomic structure, and chemical bonding for the development of student critical tinking skill has been developed using the constructivism approach. The study was carried out in the light of discourse analysis. The results shows that the three topics dominated by concept type based on conceptual and symbolic statements, while the critical tinking skill potentially developed for the stoichiometry topic is basic skills developments, for the atomic structure is concluding, and for the chemical bonding is giving simple explanation. Therefore, the courseware presentation developed dominated by the textual explanation and illustrative pictures related to the type of concepts of the three topics mentioned.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2012