Jurnal Pengajaran MIPA
Vol 5, No 1 (2004): JPMIPA: Volume 5, Issue 1, 2004

MODEL PEMBELAJARAN FISIKA BERORIENTASI LIFE SKILL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES

Kartika, Eneng (Unknown)
Kaniawati, Ida (Unknown)
Rusnayati, Heny (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2004

Abstract

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses siswa dengan menggunakan model pembelajaran Life Skill. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain Randomized Control Group Pretes-Posttest Design. Sampel penelitian ini adalah kelas X-4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-3 sebagai kelas kontrol di salah satu SMA Negeri di Bandung tahun ajaran 2003/2004. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian, angket respon siswa terhadap pembelajaran Life Skill dan keterlaksanaan sintaks pembelajaran Life Skill. Setelah dilakukan penelitian pada aspek mengamati, menyusun kesimpulan sementara, menerapkan konsep, dan merumuskan hipotesis diperoleh hasil pada kategori sedang. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa pembelajaran berorientasi Life skill dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Demikian juga hampir seliruh siswa X-4 memberikan respon yang positif terhadap pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Berorientasi Life Skill.

Copyrights © 2004






Journal Info

Abbrev

JPMIPA

Publisher

Subject

Description

Journal of Mathematics and Science Teaching or Jurnal Pengajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (JPMIPA) was founded in 1993 and published qualitative and or quantitative research concerning mathematics and science teaching. JPMIPA is published by Faculty of Mathematics and Science Education ...