Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses siswa dengan menggunakan model pembelajaran Life Skill. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain Randomized Control Group Pretes-Posttest Design. Sampel penelitian ini adalah kelas X-4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-3 sebagai kelas kontrol di salah satu SMA Negeri di Bandung tahun ajaran 2003/2004. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian, angket respon siswa terhadap pembelajaran Life Skill dan keterlaksanaan sintaks pembelajaran Life Skill. Setelah dilakukan penelitian pada aspek mengamati, menyusun kesimpulan sementara, menerapkan konsep, dan merumuskan hipotesis diperoleh hasil pada kategori sedang. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa pembelajaran berorientasi Life skill dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Demikian juga hampir seliruh siswa X-4 memberikan respon yang positif terhadap pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Berorientasi Life Skill.
Copyrights © 2004