Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan program pembelajaran dalam rangka meningkatkan kemampuan calon guru kimia di bidang penilaian. Metode penelitian menggunakan desain Research and development yang dilakukan dengan empat tahap, yaitu 1) studi pendahuluan; 2) perancangan program; 3) pengembangan program; dan 4) validasi program. Studi pendahuluan dilakukan pada awal kegiatan penelitian dengan menggunakan berbagai sumber di lapangan dan kajian kepustakaan. Perancangan program dilakukan dengan menyiapkan program pembelajaran berupa silabi mata kuliah, SAP, bahan ajar, media, dan alat evaluasi. Program yang telah dirancang kemudian dikembangkan dengan cara judgment, ujicoba dan revisi. Dari hasil pengembangan kemudian akan diperoleh produk hipotetik program yang diuji efektivitasnya.Hasil Pengembangan program dan perangkatnya menunjukkan bahwa program hipotetik memiliki perangkat tes dengan rata-rata validitas sedang, reliabilitas tinggi, tingkat kesukaran sedang dan daya beda berfungsi dengan baik.
Copyrights © 2004